Cara Melamar Kerja Online

  • Whatsapp
Cara Melamar Kerja Online
Cara Melamar Kerja Online

Cara Melamar Kerja Online – Perkembangan teknologi banyak merubah budaya dan gaya hidup masyarakat. Termasuk dalam hal bekerja. Kini mulai banyak yang bekerja secara online, mulai dari mereka yang bekerja di instansi pemerintahan secara WFH hingga mereka yang bekerja sebagai freelance. Begitu juga dengan melamar kerja. Cara melamar kerja online sendiri memiliki banyak perbedaan dengan cara konvensional. 

Penyedia lowongan pekerjaan memilih cara online karena dirasa lebih efektif, murah, dan memiliki jangkauan yang luas. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, yang penting hasilnya mereka bisa mendapatkan kandidat terbaik yang dapat bekerja secara profesional di tempat mereka.

Cara Melamar Kerja Online

7 Cara Melamar Kerja Online
Sumber : Freepik

Untuk para pencari kerja, perubahan sistem ini menjadi dampak positif tersendiri. Karena mereka dapat mengetahui lowongan yang sesuai dengan passion yang mereka miliki dari berbagai daerah. Namun, mereka harus memahami betul tips & trik cara melamar secara online dengan benar. Berikut 7 cara melamar kerja online.

1. Lakukan Riset Perusahaan

Meski lowongan tersebut berada di posisi yang sama, beda perusahaan biasanya juga beda ketentuan dan pekerjaan pokok yang diberikan. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset sebelum memasukan lamaran. Jangan sampai setelah Anda masuk dan mendapat panggilan dari tempat tersebut, Anda merasa ada yang tidak sesuai.

Riset tersebut dapat Anda lakukan dengan membuka website perusahaan atau bisa juga menanyakan beberapa hal pada nomor kontak yang tersedia. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan bertanya kepada mereka yang telah berhasil masuk ke perusahaan tersebut, namun hal ini biasanya bersifat subjektif. Mengingat beda orang, beda juga tanggapan yang diberikan.

Dengan cara ini akan ada gambaran jelas dari budaya dan lingkungan kerja di perusahaan tersebut. Dengan begini Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara tepat melamar kerja di perusahaan tersebut, agar CV Anda menarik di mata HRD. 

2. Melamar Lewat Situs Pencari Kerja

Saat ini tersedia banyak portal yang menjembatani para penyedia kerja dan pencari kerja. Akan sangat bagus jika Anda mampu memanfaatkan keberadaannya secara maksimal. Tuliskan identitas di portal tersebut dengan lengkap dan menarik, karena data yang terdapat di portal, menjadi pertimbangan HRD untuk menghubungi Anda lebih lanjut.

3. Buat CV yang ATS friendly 

Jumlah pendaftar lowongan kerja pada perusahaan besar biasanya hingga mencapai jutaan. Untuk itu, kita harus memahami sistemnya agar lamaran yang diajukan berada di urutan teratas pada sistem. Sehingga kesempatan CV Anda untuk dibaca HRD menjadi jauh lebih besar. Dan sistem tersebut bernama applicant tracking system (ATS).

Sistem ini berfungsi untuk menyaring lamaran sesuai dengan klasifikasi yang diberikan, dari yang klasifikasinya paling sesuai dan lengkap hingga semakin kebawah semakin kurang sesuai. Agar setiap profil kita mampu terbaca oleh ATS, kita harus membuat CV berpedoman pada ATS friendly

Ciri CV ATS friendly sendiri yaitu

  1. Format PDF
  2. Memiliki kata kunci yang tepat (klasifikasi yang ditanyakan pada google form juga tertera pada CV)
  3. Terdapat gambar, grafik, dan tabel (untuk saat ini CV terlalu panjang seperti esai kurang disukai)
  4. Desain menarik, runtut, jelas, dan menggunakan bullet points sederhana

4. Buat CV dan Cover Letter yang Menarik Dan Lengkap

Panjang CV pada umumnya 1 sampai 2 halaman, sedangkan panjang dari cover letter sebanyak 1 halaman. Isi dari CV sendiri berupa identitas pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, sertifikasi yang dimiliki, ketrampilan, dan prestasi. Dan isi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan agar pesan yang dituliskan dapat tersampaikan. 

Template yang dipilih turut mempengaruhi emosi pembaca. Untuk itu sesuaikan template yang digunakan dengan pekerjaan yang akan Anda diambil. Jika Anda mengambil pekerjaan di bidang kreatif buat template sekreatif mungkin, sebaliknya jika Anda melamar di instansi pemerintahan yang disarankan menggunakan template dengan kesan konvensional dan profesional.

Untuk cover letter gunakan desain template yang senada dengan CV. Isi dari cover letter sendiri berupa uraian tentang identitas diri, penyampaian saat ini, passion yang dimiliki, dan berbagai hal yang menunjukan potensi dan ketrampilan diri. Untuk membuat cover letter memang diperlukan keahlian menulis, namun semua itu dapat dipelajari secara otodidak.

5. Perhatikan Petunjuk Dan Spesifikasi Lamaran

Banyak pelamar yang sudah ditolak dari awal karena tidak sesuai dengan petunjuk dan aturan yang diberikan, bahkan sebelum melakukan seleksi administrasi. Sehingga sangat penting untuk membudayakan membaca secara lengkap sebelum mulai melamar kerja, termasuk membaca cara melamar kerja online yang ditentukan perusahaan.

Usahakan Anda dapat memenuhi spesifikasi yang disyaratkan dalam lowongan tersebut. Misalkan ada yang kurang dari spesifikasi yang diberikan Anda dapat mencari tahu profil perusahaan dan budaya kerja di sana. Kemudian membuat cover letter yang menjelaskan keterampilan yang selaras dengan posisi yang diambil dan dapat mengikuti budaya kerja yang berlaku di perusahaan tersebut.

Karena uraian yang terdapat dalam cover letter ini memberikan nilai tambah tersendiri, usahakan kata-kata yang digunakan dapat mengena, jelas, dan spesifik. Namun sebelum cover letter, Anda harus membuat CV sebaik mungkin karena hal inilah yang justru menjadi dokumen pertama yang akan dibaca HRD secara umum.

6. Gerak Cepat

Lowongan yang dimuat pada sosial media dan portal pencarian kerja akan dibaca oleh ribuan orang. Hal tersebut membuat begitu banyak saingan dalam mendapatkan pekerjaannya. Sehingga banyak pekerjaan dengan posisi bagus yang dibuka dalam waktu singkat. 

Untuk itu kebiasaan menunda waktu harus dihilangkan saat ini. Anda diharuskan untuk gerak cepat, di mana ada pekerjaan yang menurut Anda tepat, segera ambil dan buat sebaik mungkin. Lebih dari itu, untuk mendapat pekerjaan yang tepat seringkali Anda perlu memperbaiki kemampuan diri, agar dapat jauh lebih baik hingga mencapai kemampuan maksimalnya.

Hal itu dilakukan untuk menambah skill Anda sendiri. Anda bisa melatihnya dengan mengikuti pelatihan atau bisa juga dengan mengikuti sertifikasi. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa Anda memiliki sertifikat dan ketrampilan dalam bidang tersebut. Bahkan disarankan untuk mengikuti lomba dan organisasi sambil menunggu mendapatkan pekerjaan. 

Dengan begitu diharapkan waktu yang Anda miliki dapat bermanfaat dan menunjang karir Anda. 

7. Tambah Relasi

Jika kini pekerjaan selalu dikaitkan dengan orang dalam, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Percayalah dengan potensi diri sendiri, jika Anda mampu maka bisa mendapatkan yang Anda inginkan dan ingat selalu sertakan Tuhan dalam setiap usaha. 

Selain itu menambah teman juga dibutuhkan, terlebih teman yang mampu memberikan efek positif. Carilah teman tipikal yang mau berbagi pengalaman dan mengarahkan diri Anda menjadi lebih baik.

Itulah rangkaian cara melamar kerja online yang dapat Anda coba. Semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan dengan cara di atas. Berusahalah untuk tetap semangat dan terus berusaha untuk mendapatkan apa yang Anda usahakan. 

Kesimpulan

Era modern ini banyak hal yang dilakukan dengan bantuan internet secara online. Termasuk dalam melamar kerja. Cara antara melamar secara online berbeda dengan cara konvensional. Untuk itu penting bagi Anda untuk memahaminya sebelum memasukan lamaran, agar usaha Anda tidak percuma. 

Caranya adalah dengan lakukan riset perusahaan penyedia kerja, perhatikan CV ATS friendly, lengkap, dan menarik, perhatikan petunjuk, tambah relasi, dan melamar pada platform loker terpercaya. Dengan menggunakan hal tersebut diharapkan Anda segera mendapat panggilan kerja. 

Demikian pembahasan cara melamar kerja secara online. Semoga lamaran kerja yang Anda tujukan dapat menarik perhatian dari HRD. Dan Anda mendapatkan pekerjaan yang  sesuai passion dan membuat Anda nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *