Program Kartu PraKerja, Solusi Atasi Stagnasi Ekonomi dan Resesi


Program Kartu PraKerja, Solusi Atasi Stagnasi Ekonomi dan Resesi

Program Kartu Pra Kerja adalah program pemerintah yang mengutamakan pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini berbentuk bantuan biaya bagi pencari kerja, masyarakat yang terdampak PHK, masyarakat yang ingin meningkatkan kompetensi, dan UMKM. 

Hingga 2 tahun terakhir, program ini telah memberikan dampak positif bagi masyarakat selama masa pandemi.

 

 
 

Skema Normal Program Kartu Pra Kerja

Skema normal program Kartu Pra Kerja adalah program yang tidak lagi bersifat semi bantuan sosial. Dalam skema normal, program ini akan fokus pada pengembangan keterampilan angkatan kerja melalui pelatihan yang ditingkatkan. Walaupun insentif diturunkan, jumlah nilai manfaat yang diterima oleh penerima lebih tinggi daripada sebelumnya. Semua penerima bantuan seperti PKH, BPOM, dan PSU dari kemenaker sudah boleh mengikuti program ini.

Standar Pelatihan ditingkatkan

Dalam skema normal, program Kartu Pra Kerja berfokus pada pengembangan keterampilan bagi para peserta. Standar pelatihan pun ditingkatkan secara signifikan untuk membekali para peserta dengan keterampilan yang diperlukan. Bidang pelatihan yang diberikan difokuskan pada bantuan yang lebih baik dan lebih tinggi nilai manfaatnya daripada sebelumnya.

Mampukah Program Kartu Pra Kerja Mengatasi Resesi dan Stagnasi Ekonomi?

Pasar tenaga kerja seperti pasar lainnya memiliki sisi permintaan dan sisi penawaran. Program Kartu Pra Kerja membekali keterampilan pada sisi penawaran, tetapi sisi permintaan berupa lowongan kerja tidak dalam kontrol dari program tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan program lain yang mendorong investasi agar penciptaan lowongan pekerjaan semakin besar.

Walaupun program Kartu Pra Kerja juga mendorong kewirausahaan dan penciptaan lowongan kerja, dibutuhkan upaya yang lebih besar untuk mengatasi masalah resesi dan stagnasi ekonomi saat ini.

Manfaat Program Kartu Pra Kerja bagi Masyarakat

Program Kartu Pra Kerja memiliki manfaat besar bagi masyarakat, terutama bagi pencari kerja, UMKM, masyarakat terdampak PHK, dan masyarakat yang ingin meningkatkan kompetensi. Dalam skema normal, program ini fokus pada pengembangan keterampilan angkatan kerja melalui bantuan pelatihan yang ditingkatkan.

Dampak Positif Program Kartu Pra Kerja

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, program Kartu Pra Kerja telah memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama selama masa pandemi. Di tahun 2023, program ini akan berjalan sesuai skema normal dan memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Dalam skema normal ini, program Kartu Pra Kerja akan memfokuskan pada pengembangan keterampilan angkatan kerja melalui bantuan pelatihan yang lebih baik dan ditingkatkan.

Fokus Pada Pengembangan Keterampilan

Program Kartu Pra Kerja akan fokus pada pengembangan keterampilan bagi para peserta yang mengikuti program ini. Standar pelatihan ditingkatkan secara signifikan dan bidang pelatihan yang diberikan juga difokuskan.

Memecahkan Masalah Penyerapan Tenaga Kerja

Program Kartu Pra Kerja membekali keterampilan pada sisi penawaran pasar tenaga kerja, namun bukan pada sisi permintaan lowongan kerja. Oleh karena itu, diperlukan program lain yang mendorong investasi untuk menciptakan lowongan pekerjaan yang lebih banyak.

Terbukti Efektif dan Berdampak Besar

Program Kartu Pra Kerja telah terbukti efektif dan berdampak besar bagi masyarakat, terutama selama masa pandemi. Dengan skema normal yang lebih baik, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi masyarakat dan mengatasi masalah tenaga kerja di tengah situasi ekonomi saat ini.

Kesimpulan

Program Kartu Pra Kerja merupakan program pemerintah yang fokus pada pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini memberikan bantuan biaya bagi pencari kerja, UMKM, masyarakat terdampak PHK, dan masyarakat yang ingin meningkatkan kompetensi. Dalam skema normal, program ini akan fokus pada pengembangan keterampilan angkatan kerja.

Baca juga :

Link Resmi Pemerintah tentang Program Prakerja

Kunjungi kami di:

Website resmi: https://www.prakerja.go.id/

Instagram: https://instagram.com/prakerja.go.id

TikTok: https://www.tiktok.com/@kitaprakerja

Facebook: https://www.facebook.com/prakerja.go.id


 

Previous Post Next Post

Contact Form