Geriatri

Keperawatan geriatri atau keperawatan gerontik adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang didasarkan pada ilmu dan kiat/teknik keperawatan yang bersifat komprehensif terdiri dari bio-psiko-sosio-spiritual dan kultural yang holistik, ditujukan pada klien lanjut usia, baik sehat maupun sakit pada tingkat individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat[1].




Dalam dunia medis, geriatri adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada penanganan, diagnosis, serta pencegahan penyakit dan gangguan kesehatan yang menyerang kalangan lansia[3]. Dokter geriatri bertugas menjaga kesehatan lansia dengan cara mencegah timbulnya penyakit, sekaligus membantu mengatasi masalah kesehatan yang timbul[3].




Perawatan untuk lansia menjadi rumit dan oleh karenanya dokter geriatri sangat dibutuhkan untuk menangani kondisi yang kompleks ini[3]. Salah satu tugas yang diemban oleh dokter geriatri adalah meresepkan obat yang tepat[3]. Sebab meresepkan obat untuk lansia tidak bisa sembarangan dilakukan[3]. Salah satu obat mungkin saja berguna mengobati satu masalah kesehatan, namun di sisi lain, ia bisa saja menyebabkan gangguan kesehatan lain yang lebih buruk[3]. Selain itu, meresepkan terlalu banyak obat juga tidak baik karena menimbulkan efek samping, kemungkinan munculnya interaksi obat, atau membuat kinerja ginjal menjadi semakin berat[3].

Citations:
[1] https://perawat.web.id/konsep-keperawatan-gerontik/.
[2] https://www.halodoc.com/kesehatan/geriatri.
[3] https://bing.com/search?q=keperawatan+geriatri.
Previous Post Next Post

Contact Form